Suwun mas bro mbak sist

Kamis, 03 November 2011

KW

-----------
Seorang pengusaha harus mampu bergaul dengan sebanyak mungkin teman. Keberhasilan sering kali karena mempertemukan banyak kepentingan satu orang dengan orang lain. Kemampuan seorang pengusaha dalam bergaul dengan orang lain harus di atas rata-rata. Oleh sebab itu, keterampilan membangun jaringan sangat diperlukan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam membangun jaringan, yaitu:
&
Kadang usaha akan lebih bagus jika didirikan dan di kelola bersama-sama. Misalnya Anda pintar pemrograman komputer, tapi anda memiliki sedikit teman, sementara teman anda memiliki banyak teman dan punya relasi yang luas dan membutuhkan jasa pemrograman, anda bisa saja membuka usaha jasa pemrograman (software house). Anda yang mengerjakan pekerjaannya, sedangkan teman anda yang mencari order. Dari kelebihan masing-masing inilah bisa memperkuat suatu usaha baru sekaligus membesarkannya.
---------
Pengusaha yang berhasil adalah seseorang yang mampu mengenali peluang dengan baik. Tirto Utomo, perintis pertama air kemasan "Aqua" dan Pak Sosro, pencetus ide minuman "Teh Botol Sosro" merupakan contoh orang yang mampu mengenal peluang dengan baik dan akhirnya menjadi pengusaha sukses. Oleh sebab itu, mengenali peluang merupakan hal yang sangat penting. Peluang tersebut tidak harus menjadi hal yang pertama, karena yang kedua bisa menjadi lebih baik, atau yang ketiga justru tampil beda. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan naluri mengenali peluang usaha adalah:

1) Menentukan arah usaha dan minat
Menentukan arah usaha dan minat dapat membuat kita berfokus pada pendalaman informasi tentang usaha.

2) Menumbuhkan kepekaan lingkungan dan kondisi di sekitar
Banyak usaha baru yang sebelumnya tidak terpikirkan untuk dilakukan ternyata berhasil karena besarnya faktor kebutuhan pelanggan. Contoh usaha tersebut adalah bisnis penitipan bayi di perkantoran yang timbul karena besarnya kebutuhan ibu-ibu aktif atau wanita karier yang memiliki anak kecil namun di sisi lain harus bekerja sehingga membutuhkan penitipan bayi yang dekat dengan lokasi kerja.

3) Menerapkan manajemen informasi
Tindakan ini dilakukan dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang usaha, kemudian diklasifikasi dan dapat dijadikan dasar pengambilan keputusan yang tepat. Informasi dapat diperoleh dari melihat, mendengar, dan mengalami. Saat ini, dunia Internet menyediakan informasi yang tidak terbatas. Oleh sebab itu, pemanfaatan Internet akan sangat membantu dalam memperoleh informasi, bahkan untuk memasarkan produk.
---------------
Siklus hidup produk adalah suatu konsep penting yang memberikan pemahaman tentang dinamika kompetitif suatu produk. Seperti halnya dengan manusia, suatu produk juga memiliki siklus atau daur hidup. Siklus Hidup Produk (Product Life Cycle) ini yaitu suatu grafik yang menggambarkan riwayat produk sejak diperkenalkan ke pasar sampai dengan ditarik dari pasar . Siklus Hidup Produk (Product Life Cycle) ini merupakan konsep yang penting dalam pemasaran karena memberikan pemahaman yang mendalam mengenai dinamika bersaing suatu produk. Konsep ini dipopulerkan oleh levitt (1978) yang kemudian penggunaannya dikembangkan dan diperluas oleh para ahli lainnya.

Tidak ada komentar: